Friday 18 April 2014

Telah di baca 392 kali

Mengatasi & Mencegah Cegukan

Cegukan, yang seringkali kita alami,ternyata dapat dialami baik oleh pria-perempuan, orangtua-anak muda bahkan pada balita sekalipun,suatu yang dianggap sepele, namun terasa menyebalkan dan menganggu jika hal tersebut berlangsung lama dan berulang.

Di dalam dunia kedokteran dan kesehatan, cegukan atau cekuken disebut dengan hiccup, yang terjadi karena adanya spasme (penyempitan) diafragma secara tidak sengaja. Penyempitan ini menimbulkan tarikan napas yang diakhiri secara refleks oleh tertutupnya lubang di antara kedua pita suara yang tentunya dapat menimbulkan suara khas waktu cegukan.

Proses terjadinya pada cegukan adalahdisaat menarik napas, terjadi penyempitan pada otot diafragma dan otot-otot antara tulang iga. Akibatnya, keduanya akan naik dan pada saat bersamaan, epiglottis (katup/klep di tenggorokan) pun tertutup, sehingga udara dari diagfragma yang naik ke atas akan menekan klep ini. Akibatnya, terjadilah cegukan. Dan cegukan bisa terjadi dengan amat sangat ringan, hilang sendiri dengan cepat, tetapi dapat pula amat mengganggu.

Cegukan yang berlangsung selama  hitungan beberapa menit  atau bisa juga berlangsung hingga 1-2 jam yang kemudian akan hilang sendiri tergolong dalam kategori cegukan ringan. Penyebabnya ialah adanya masalah dilambung, perubahan suhu pada perut yang diakibatkan oleh makanan yang panas kemudian dingin, minum alkohol, merokok dan juga karena stres.

Sedangkan pada cegukan yang permanen yaitu cegukan yang terjadi secara terus menerus selama berhari-hari, berbulan-bulan bahkan selama bertahun-tahun. Cegukan yang seperti ini merupakan gejala adanya gangguan diotak seperti gejala stroke, gejala tumor dibatang otak. Dan selain itu juga cegukan dapat diakibatkan  oleh gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes dan hipertensi atau penderita kelainan ginjal, karena urenia. Juga karenagangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Terdapat beberapa cara untuk menghentikan cegukan dengan segera, yaitu pertama, minum air putih segera dan agar lebih manjur minumnya harus sambil menunduk serta minum dari bibir gelas yang jauh dari kita. Lebih baik menggunakan air putih hangat dan jangan dengan menelan es. Kedua, leher dongakkan sedikit ke belakang, kemudia masukan gula pasir sesendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telanlah air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah, kemudian setelah semua gula larut, minumlah segelas air putih.

Apabila dalam kondisi berpuasa, maka cara untuk mengatasi cegukan dapat dilakukan dengan cara yang ketigayaitu, tahanlah nafas sekitar 10 detik, kemudian bernafas dengan biasa. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai cegukan berhenti. Apabila ternyata belum teratasi, maka dapat menggunakan cara yang keempat yaitu, tahan nafas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian nafas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan nafas lagi di kantong kertas. Demikian, dapat diulang beberapa kali.

Apabila cegukan juga tidak dapat diatasi dengan keempat cara diatas, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter spesialis THT.

Cegahlah cegukan dengan perilaku hidup yang sehat, seperti cara makan yang sehat, diantaranya adalah  jangan makan terlalu banyak, jangan makan terlalu cepat, jangan makan yang menyebabkan perubahan suhu yang mendadak di perut, seperti minum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang panas. Kemudian tidak minum alkohol, berhenti merokok dan pengendalian emosional seperti stres atau gembira.

*Dari berbagai sumber

Oleh : dr. Yahmin Setiawan, MARS (Dirut Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa)

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Powered by Deadline Theme